Cerita Orang Kayo Hitam

Cerita Orang Kayo Hitam ~ Dia, Orang Kayo Hitam, seorang yang terkenal. Namun sebagai seorang raja, ayah beliau konon kabarnya berasal dari buah nyiur gading. Pada zaman dahulu di negeri Jambi ini, ada sebatang nyiur gading yang hanya berbuah lima. Kelima buah nyiur tersebut sampai batangnya tua tetap tidak gugur-gugur. Begitu batang nyiur tadi akan tumbang karena sudah sangat tua, yang rupanya masa hidupnya sudah berakhir, kelima buah nyiur tersebut gaib berubah menjadi manusia. Empat menjelma menjadi laki-laki, dan seorang perempuan. Lelaki yang tertua menjadi raja Mataram yang kedua raja di Jambi bernama Datuk Temenggung empat Tiang Bungkuk berkuasa di Ranah Minang, yang kelima, yang paling bungsu, seorang wanita bernama Puteri Mayang Mengurai.

Datuk Temenggung Mareha Mata kelak mempunyai lima orang anak. Yang tertua bernama Orang Kayo Hitam, yang kedua Orang Kayo Pinagi, ketiga Orang Kayo Gemuk, keempat Orang Kayo Padataran, dan yang paling bungsu seorang wanita bernama Puteri Pinang Masak. Pada masa itu negeri Jambi berhubungan baik dengan kerajaan Mataram. Raja Mataram kebetulan berasal dari negeri Jambi sendiri, yang dahulunya penjelmaan buah nyiur gading. Sudah menjadi kebiasaan pada waktu itu, setiap tahun, Kerajaan Jambi mengirim upeti ke Mataram berupa pekasam keluang dan pekasam pacat. Tetapi ketika Orang Kayo Hitam naik takhta, kebiasaan itu dihentikannya. Tentu saja raja negeri Mataram sangat marah. Dan ketika itu baginda sudah tahu bahwa berbuat demikian ialah raja Jambi sendiri, yang bernama Orang Kayo Hitam, segeralah disusunnya suatu rencana untuk menyerang Jambi.

Untuk menyerang Jambi tidak mudah. Karena itu baginda mendirikan pusat latihan tentara di Mataram. Pelatih tentara yang dipersiapkan tersebut dipercayakan kepada sembilan orang hulubang yang dianggap tangguh. Di lain pihak untuk membunuh Orang Kayo Hitam, sengaja dibuat sebuah keris yang ditempa sembilan tempaan, dan harus selesai dikerjakan selama sembilan kali Jumat. Orang Kayo Hitam, dalam pada itu, sudah tahu pula segala rencana pamannya raja Mataram tersebut. Maka dibulatkannya tekadnya untuk segera berangkat ke Mataram. Perlengkapan yang dibawanya, tombak bermata tiga berhulu tentang tenggeris bujang sebuah, jala sutera, seekor burung tiga warna, hitam, putih, dan merah.

Kelima barang tersebut ditaruhnya baik-baik di dalam perahu yang akan dipakainya untuk berlayar. Ikut bersama Orang Kayo Hitam ialah adiknya sendiri, Orang Kayo Pingai. Adiknya ini mempunyai sifat yang lain dari pada yang lain. Kalau sudah makan akan segera jatuh tertidur dengan pulasnya. Tak satu pekerjaan pun yang disenanginya. Dan memang ia tak suka bekerja. Orang yang mengerti betul akan sifat-sifatnya ini hanyalah kakaknya sendiri. Orang Kayo Hitam. Kepada Orang Kayo Hitamlah semua kehendaknya dapat disalurkan. Orang Kayo Hitamlah dapat memberinya makan kenyang. Itulah sebabnya kemana saja Orang Kayo Hitam pergi. Orang Kayo Pingai telah turut pula. Ia tak hendak tahu sedikit pun dengan persoalan kakaknya itu, apalagi bila kakaknya dalam kesulitan.

Baru saja Orang Kayo Hitam sampai di pelabuhan Mataram, ia disambut dengan tembakan meriam. Tapi Orang Kayo Hitam yang sudah berubah rupa menjadi anak yang kudisan, tak cedera sedikit pun oleh tembakan tadi. Melihat keadaan yang demikian, baginda raja segera memerintahkan kesembilan hulubalangnya menangkap anak kecil yang baru datang itu. Tapi ketika mereka  sampai dipelabuhan, bau busuk menusuk-nusuk hidung, menyebabkan mereka tak dapat mendekat ke perahu anak kecil tadi. Mereka pun kembali ke tempat raja di pemusatan latihan.

Pada hari Jumat pertama, baginda raja bersama seorang mpu pandai besi telah berada di sebuah gua batu tempat yang letaknya oleh seorang jua pun. Maklumlah rahasia kegunaan keris yang akan dikerjakan mpu tersebut tak boleh diketahui oleh siapa saja. Ketika baginda telah meninggalkan gua batu, dan yang ada di dalamnya hanya mpu seorang, anak kecil kudisan tadi telah muncul begitu saja disana. Mpu pandai besi tadi sangat terkejut melihat kedatangan anak kecil yang tak diduga-duganya sebelum itu.

"Eh, mengapa engkau sampai di sini?" Mpu pandai besi bertanya kepada anak kecil kudisan yang telah berdiri dengan beraninya di dalam gua bersamanya. "Anak siapa engkau gerangan hingga tersesat sampai kemari ?"

"Hamba tidak tersesat, Mpu!"jawab anak tersebut. "Ketahuilah oleh Mpu, bahwa Mpu berada hamba pasti bersama Mpu pula. Yang ingin hamba tanyakan, apa yang sedang Mpu kerjakan di dalam gua batu ini seorang diri?"

"Tidakkah nampak olehmu bahwa aku sedang membuat keris? Keris ini terbuat dari besi yang diramu di sembilan desa, dan di tempa sembilan tempaan, yang harus selesai selama sembilan kali Jum'at, kata Mpu itu. "Untuk apa keris yang demikian aneh itu?"

Pertanyaan tersebut tidak dijawabnya sedikitpun oleh Mpu pandai besi itu. Ia tanpa menoleh meneruskan pekerjaannya. Mengetahui pertanyaannya tak akan dijawab oleh Mpu tua pandai besi tadi, segeralah ia minta diri. Sebentar kemudian ia telah sampai kembali di perahunya. Didapatinya adiknya Orang Kayo Pingai mendengkur tidur dengan nyenyaknya.

Semenjak itu, anak kecil tadi tak lagi pergi kemana-mana. Ia sudah tahu keris yang dikerjakan mpu tua akan selesai delapan kali Jum'at lagi. Waktunya dihabiskannya di perahu saja, bermain dengan kelima barang bawaannya yang dibawanya dahulu dari Jambi. Penduduk negeri Mataram tak hendak mendekat karena bau busuk selalu tercium dengan lantang dari perahu yang tertambat itu. Menurut perkiraan mereka pastilah anak kecil yang dihinggapi kudis ganas tersebut akan mati juga akhirnya seorang diri. Apa gunanya dijenguk kesana. Kalau penyakit tersebut sebangsa penyakit menular, tentu amat berbahaya untuk didekati. Biarlah anak tersebut mati menurut panggilan nasibnya. Ketika jangka sembilan Jum'at sudah tiba, anak kecil itu pergilah kembali ke gua batu tempat mpu sedang membuat keris dahulu.

"Ha, engkau sudah datang pula!" kata mpu pandai besi kepadanya.

"Apakah hamba tidak boleh melihat keris itu?" jawabnya. Kalau hamba boleh melihatnya, tentu boleh pula memegangnya agak sebentar," kata anak itu lagi.

"Tidak boleh!" bentak mpu tersebut, "Nanti diketahui raja."

"Tidak apa-apa, Mpu" kata anak itu, "Mana mungkin raja mengetahuinya. Kita hanya berdua saja di dalam gua ini."

Begitulah anak lelaki kecil itu mengugut-ugut terus serta membujuk-bujuk mpu pembuat keris. Hingga akhirnya keris tersebut ditunjukkannya juga kepada anak kecil yang cerdik itu.

"Berapa upah yang Mpu terima dari raja untuk membuat keris ini!"

"Kulub" katanya kepada anak kecil setelah ia berada di perahu di pelabuhan. "Boleh tak boleh aku akan bersembunyi disini. Dapatkah engkau menerimaku?" "Tentu" jawab anak kecil diperahu tersebut.  "Datuk dapat terbaring didalamnya. Percayalah kepada hamba, tak seorang pun yang akan dapat melihat Datuk."

Anak kecil kudisan yang telah lama bermukim di pelabuhan tersebut mulai membersanilan diri pergi ke gelanggang tempat tentara Mataram melakukan latihan. Ketika ia sampai disana semua orang mengejeknya sejadi-jadinya. Kebanyakan di antara mereka marah kepada anak kecil tersebut. Anak kecil tadi dengan anak ayam jantan yang terkepit diketiaknya tidak berbuat sesuatu apa. Ia hanya berdiam diri saja, biarpun ejekan dan caci maki menjadi-jadi dilontarkan orang banyak. Kudis yang melekat ditubuhnya digaruk-garuknya juga, menyebarkan bau busuk, yang makin menimbulkan marah orang banyak.

"Baik kita bunuh anak kecil kudisan itu," kata salah seorang hulubalang yang delapan kepada kawan-kawannya. "Apa yang engkau ketahui anak kecil?" serunya pula.

"Tak sesuatu pun yang hamba ketahui Datuk" jawab anak tersebut sambil menggaruk-garuk kudisnya.

"Kalau demikian mengapa engkau kemari?" bentak salah seorang hulubalang yang delapan.

"Hamba ingin bermain-main bersama ayam hamba ini," jawab anak itu. Mendengar tutur anak kudisan itu tertawa semua orang yang ada di tempat latihan itu.

Seorang yang dikelihatannya amat garang, berkata dengan lantang, "Jawab pertanyaanku, bedebah! Kalau tidak engkau kubunuh. Permaianan  apa yang engkau kuasai?"

"Hamba tak menguasai sesuatu permainan pun" jawabnya.

"Engkau pandai main ini" tanya hulubalang garang itu pula menirukan gerakan orang bersilat.

"Hamba tak pandai, Hamba hanya pandai sekedar memainkan kayu.

"Dimana engkau simpan kayumu itu? tanya hulubalang.

"Di dalam perahu di pelabuhan," jawab anak itu.

Engkau tunggulah disini anak kotor!" kata hulubalang tersebut. "Biar kami yang akan mengambilnya."

Maka pergilah hulubalang yang delapan ke pelabuhan menjemput kayu yang dikatakan anak kecil tadi. Tetapi alangkah kecewa mereka, karena yang mereka temukan hanya perahu kecil yang kosong. Mereka pun kembali ke tempat latihan dengan marah yang berapi-api. Ingin rasanya mereka hendak menghabisi anak kecil itu pada saat itu juga.

"Engkau betul-betul seorang pendusta besar!" bentak salah seorang hulubalang yang baru kembali bersama kawan-kawannya."Engkau katakan kayumu di perahu, ternyata engkau hanya ingin mempermainkan kami. Engkau rupanya ingin mengacau. Baik engkau kami bunuh bersama ayammu sekali."

"Ayam hamba ini pandai berkokok!" jawab anak kecil itu tanpa menaruh rasa takut sedikit jua pun. "Kalau hendak mencoba boleh kita coba." Kemudian dihamburkannya anak ayam kecil itu... cikcikeiaaaap, ayam itu berkokok dengan lucunya. Semua orang terdiam keheranan. "Nah, hanya demikianlah kepandaian hamba, Tuk"

Para hulubalang pelatih tentara banyak tadi, sangat marah menyaksikan gelagat anak kecil yang menjengkelkan mereka. Serentak mereka menyeret anak tersebut menuju pelabuhan. Di kapalnya teracung mata-mata pedang yang berkilat-kilat tertimpa cahaya matahari.

Tunggulah sebentar!" kata anak lelaki tersebut kepada kedelapan hulubalang yang memuncak amarah mereka. "Simpanlah dahulu semua pedang Datuk-datuk". Ia pun mengikatkan ayamnya ketiang layar perahunya.

"Sekali ini engkau benar-benar kami bunuh''' bentak pemimpin hulubalang tersebut. "Engkau telah mempermainkan kami.

"Inilah kayu yang Datuk-datuk pinta" jawabnya. Serentak dengan itu dilibaskannya tangkai tombaknya kepada hulubalang delapan yang mengelilinginya sehingga mati semua. 

Setelah semua hulubalang tersebut tewas semuanya, ia langsung melenting kedaratan dan bergegas ke tempat latihan. Dia mengamuk dan menewaskan semua tentara yang sedang berlatih disana. Dihabiskannya dalam waktu yang cukup pendek. Tinggallah sekarang raja seorang diri, dengan memendam rasa marah. Tak diketahui baginda bahwa anak kecil tersebut anak kemenakannya sendiri.

"Engkau mungkin berhajat hendak menguasai kerajaanku. Buyung!" kata baginda dengan marah. "Tapi ketahuilah olehmu bahwa selagi hayatku masih ada tak mungkin kuserahkan kepadamu."

Anak kecil tersebut tidak tersinggung mendengar ucapan pamannya. Dibujuknya juga pamannya supaya jangan terlanjur begitu. Tetapi raja Mataram nampaknya tak memperdulikan sedikit jua pun bujukan tersebut. Bahkan baginda tiba-tiba menangkap dan menghempaskannya. Tujuh hari tujuh malam lamanya.

Dilanjutkannya menggunakan senjata tujuh hari tujuh malam pula. Namun semua senjata patah-patah, anak kecil tersebut belum juga cedera. Ia malahan belum membalas. Kemudian ia direndam pula dalam sumur selama tujuh hari tujuh malam, namun ia belum juga binasa, dan ia belum juga melawan.


"Orang tua!" kata anak lelaki tersebut. "Coba diingat-ingat siapa hamba ini yang sebenarnya. Bukankah hamba anak raja Jambi?" "Tak hendak aku mengakuimu anak raja Jambi. Kendatipun nyawaku sudah melayang. "Lihatlah ini!" kata anak lelaki, yang tak lain dari pada Orang Kayo Hitam sendiri. "Baginda lihatlah keris ini. Relakanlah hamba membunuh Baginda!" Cap.... ditusuknyalah baginga hingga tewas. Sesudah pamannya meninggal, ia pun berbalik ke perahunya di pelabuhan. Disana dengan muka jernih ia disongsong oleh hulubalang yang dahulu disembunyikannya.

"Sebaiknya engkau Orang Kayo Hitam," kata hulubalang tersebut,"Kami angkat sebagai raja negeri Mataram ini." Ia menatap muka Orang Kayo Hitam. "Negeri ini belum mempunyai undang-undang yang memadai. Kalau engkau sudah menjadi raja disini tentu dapat menyusun undang-undang tersebut."

Hamba lebih baik kembali ke Jambi. Di sana telah menunggu tugas lain yang lebih besar, Tuk' Soal undang-undang yang Datuk perkatakan itu, dapat hamba susun menjelang keberangkatan hamba ke Jambi. Kalau tentang raja Mataram itu tidaklah sukar benar. Banyak orang yang bersedia, kata Orang Kayo Hitam.

Sesudah undang-undang dibuatnya kembalilah Orang Kayo Hitam ke Jambi. Sesampai di Jambi ia pun pergi arah ke hulu memudiki sungai Batang Hari. Ia bermaksud hendak menemui Tiang Bungkuk yang berkuasa di ranah Minangkabau. Raja ini terkenal sangat memusihi Jambi. Berkokok ayam menghadap ke Jambi dipatahkannya lehernya supaya menghadap ke Minangkabau. Jantung pisang mengulai ke Jambi dibelokkannya menghadap ke hulu. Itulah sebabnya ia dinamakan Tiang Bungkuk. Setelah tiga bulan ia berada di ranah negeri itu, berhasil jugalah ia menangkap Tiang Bungkuk dengan jala suteranya. Karena ia merasa kasihan kepada orang tua itu, dibawanyalah ke Jambi. Tiang Bungkuk ditaruhnya di dalam air di bawah rakit. Ikut pula dibawanya dua ekor angsa. Orang kayo Hitam pun berangkatlah ke Jambi. Semenjak melewati perbatasan Jambi dengan Minangkabau, Tiang Bungkuk bernyanyi dibawah rakit.

"Aiiii, dik' Sampai hati benar engkau melupakanku waktu dihilir yang sekejap tak pula singgah, aii, Dik' rantau nan panjang telah pula terlampau, Aiii, lah terbakar lubuk nan dalam, lubuk nan dalam sudah terbakar, Dik, aii."

Sementara itu, dimana angsa mencecer tapi sungai berdirilah kampung negeri orang. Berturut-turut Tanjung Simalidu, Muaro Tebo, Muaro Tembesi, berakhir sampai ke Tanah Pilih Jambi. Sampai di Jambi, kedua ekor angsa tadi gaib, menghilang, begitu juga Tiang Bungkuk sendiri.

Sumber : Cerita Rakyat Daerah Jambi oleh Drs. Thabran Kahar; Drs. R. Zainuddin; Drs. Hasan Basri Harun; Asnawi Mukti, BA
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Cerita Orang Kayo Hitam Silahkan baca artikel Alkisah Rakyat Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Cerita Orang Kayo Hitam Sebagai sumbernya

2 Responses to "Cerita Orang Kayo Hitam"

  1. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    ReplyDelete
  2. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete

Cerita Lainnya