Asal Mulanya Danau Tapala

Asal Mulanya Danau Tapala ~ Pulau Seram yang terletak di daerah Kabupaten Maluku Tengah, merupakan salah satu dari dua pula besar di kawasan ini. Pulau ini lebih terkenal dengan nama Nusa Ina artinya Pulau Ibu (Nusa = Pulau, Ina = Ibu). Di Seram bagian Utara pada Kecamatan Taniwel terdapat sebuah desa/negeri yang bernama Hatunuru, terletak sebuah danau kecil yang disebut "Danau Tapala." Kehadiran Danau tersebut di bawah tempat itu melalui sebuah dongeng sebagai berikut:

Dahulu kala di tempat itu terdapat sebuah negeri/Desa yang cukup besar. Rakyat di desa/ negeri itu hidup dengan aman dan damai di bawah pimpinan seorang Raja yang sangat bijaksanan dan baik hati. Pada waktu yang sama di pingiran desa/negeri itu hiduplah dua orang kakak beradik yang sudah kehilangan ayah bundanya. Mereka berdua hidup sebagai anak-anak yatim piatu yang miskin lagi hina.


Dalam keadaan hidup yang miskin dan hina itu, kedua kakak beradik hidup dalam suatu suasana persaudaraan yang manis sekali. Setiap hari mereka berusaha untuk mengolah alam sekitarnya untuk memperoleh makanan bagi kelanjutan hidup mereka. Pada suatu ketika kedua mereka sedang duduk-duduk dalam pondok mereka, datanglah seorang nenek yang sudah demikian tuanya dengan pakaian compang-camping lagi kotor berlumuran debu.

Kedua anak miskin yang baik hati itu segera mengajak nenek duduk dan diberilah nenek itu makanan dan minum. Sesudah itu pakaian nenek yang kotor itu dibersihkan oleh kedua anak itu. Melihat tingkah laku kedua anak yatim piatu itu yang demikian baik, timbulah dari pihak nenek perasaan yang sayang serta keinginan untuk membalas kebaikan mereka. Itulah sebabnya nenek itu lalu memintakan kesedihan dari kedua anak itu untuk mencari kutunya.

Ketika mereka sudah mengabulkan permintaan nenek tersebut dan pada waktu mereka mulai memegang kepala si nenek tua itu untuk mencari kutunya, nenek itu lalu berpesan kepada mereka. "Kedua anak yang baik hati, ingat bilamana kalian mencari kutu nenek dan bertemu dengan telur-telur kutu itu hendaknya kamu hancurkan saja telur-telur itu. Tetapi bilamana kalian bertemu atau mendapat seekor induk kutu, maka jangan sekali-kali kamu hancurkan induk kutu itu. Kedua anak itu lalu mencari kutu nenek itu dengan senantiasa berpegang teguh pada pesannya.

Setelah beberapa lama mereka mencari kutu di mana telur-telur kutu pada kepala nenek tersebut sudah dihancurkan, tiba-tiba mereka berdua menemukan seekor induk kutu pada kepala nenek itu. Sesuai dengan pesan nenek tadi induk kutu itu tidak dihancurkan melainkan diambil dari kepala nenek itu dan segera ditunjukkan pada beliau. Induk kutu itu segera berubah menjadi seekor anak babi.

Lalu berkatalah nenek itu kepada kedua kakak beradik itu; "Inilah anak babi, jagalah baik-baik sampai besar, agar kalian nanti tidak akan bersusah payah lagi mencari bintang buruan, tetapi kalian kini sudah memperoleh." Disamping itu nenek tersebut memberikan kepada kedua anak itu sebuah wasali atau kuwali, seraya berpesan kepada kedua mereka. "Ini wasali kalian berdua jaga baik-baik, bilamana kalian ada kekurangan sesuatu, ketuk saja wasali ini maka pasti apa yang kalian butuhkan itu akan datang dengan sendirinya."

Setelah pesan itu diberi kepada kedua anak itu, maka pergilah si nenek tua itu meninggalkan kedua kakak beradik itu. Kini berkat kebaikan hati kedua anak itu, sang nenek tua telah membalas jasa baik mereka melalui pemberian-pemberian tersebut, sehingga sekarang mereka telah hidup dengan tidak kurang apa-apa. Orang desa/negeri yang tahu benar-benar bahwa kedua anak itu sangat miskin dan hina, menjadi sangat kaget melihat kedua anak itu kini telah hidup dengan secukupnya. Mereka saling bertanya satu dengan yang lainnya dari mana serta bagaimana sehinga anak-anak miskin dan hina itu sudah hidup demikian. Mereka lalu berusaha sekeras-kerasnya untuk mengetahui sumber dari kehidupan yang cukup dari kedua anak tadi.

Orang-orang desa itu lalu menjadi iri hati melihat kedua anak tersebut, walaupun dari pihak kedua anak yatim piatu, sekali-kali tidak menimbulkan sikap angkuh terhadap mereka. Mereka beruaha keras untuk mengetahui sumber keberhasilan hidup kedua anak tersebut sehingga pada akhirnya mereka mengetahui bahwa wasali itulah sumbernya. Kini mereka berusaha untuk mencari wasali itu dari kedua anak yatim piatu itu.

Pada suatu hari kedua anak tersebut pergi ke kebun mereka, ketika hari sudah sangat siang dan mereka sudah lapar, maka pulanglah kedua anak itu ke rumah. Ketika mereka sampai di rumah segera mereka mencari wasali itu. Ternyata benda tersebut sudah tidak berada lagi pada tempatnya. Mereka berdua mencari wasali itu ke sana-kemari namun sia-sia juga usaha mereka, karena ketika mereka lagi berada di kebun wasali itu sudah dicuri oleh orang-oang desa/negeri.

Kedua anak itu menjadi susah harinya, lalu menangislah mereka tersedu-sedu. Sementara mereka lagi menangis muncul kembali nenek tua itu di hadapan mereka, sambil bertanya, "Mengapa kalian berdua menangis?" Kedua anak itu lalu menjawab bahwa wasali pemberian nenek itu telah dicuri oleh orang, yang kami sendiri tidak tahu. Nenek itu lalu berkata: Jangan kamu menangis lagi tetapi ambil saja sebuah anak panah ini bersama busurnya, lalu pergilah kamu berdua ke tengah-tengah desa/negeri itu seraya memanah ke arah langit. Bilamana anak panah itu sudah terlepas dari busurnya, maka kalian berdua segera harus lari meninggalkan desa/negeri tersebut.

Dan ternyata anak panah itu jatuh dan tertancap pada tanah dalam lingkungan negeri atau desa tersebut, maka keluarlah satu mata air yang mengalirkan air dengan derasnya. Akibatnya tiada beberapa lama maka negeri atau desa itu lalu tengelam digenangi air sehingga semua penghuni desa/negeri itu mati.

Kejadian ini merupakan perwujudan dari kemurkaan nenek tua tadi terhadap penghuni desa/negeri itu yang iri hati dan benci kepada kedua anak yatim piatu yang baik dan murah hati itu. Penduduk tersebut tidak rela melihat kedua anak itu hidup sewajarnya, sehingga nenek tersebut melalui anak panah yang dilepaskan oleh kedua anak yang baik hati itu telah menenggelamkan desa/negeri itu sehingga telah berubah menjadi "Danau Tapala." 

Sumber : Ceritera Rakyat Daerah Maluku oleh Depdikbud
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Asal Mulanya Danau Tapala Silahkan baca artikel Alkisah Rakyat Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Asal Mulanya Danau Tapala Sebagai sumbernya

0 Response to "Asal Mulanya Danau Tapala"

Post a Comment

Cerita Lainnya