Penghuni Gua Suruman

Penghuni Gua Suruman ~ Pada zaman dahulu tersebutlah empat orang pengembara yang keempatnya berasal dari kaki gunung Dempo. Mereka mengembara mengelilingi daerah-daerah di sekitar pantai Selatan pulau Perca. Tujuan mereka mengembara ialah mencari tempat yang baik untuk menetap, karena dikaki gunung Dempo telah padat penduduknya. Mereka akan membangun dusun yang baru untuk tempat tinggalnya. Itulah tujuan mereka mengembara yang berbulan-bulan lamanya untuk memilih tempat yang sesuai.


Setelah pengembara itu berjalan kian kemari berbulan-bulan lamanya, telah banyak tempat yang dilihat, akhirya sampailah mereka berempat di suatu daerah, daerah dataran tinggi yang luas dan subur, lalu kempatnya bermusyawarah dan tempat inilah yang mereka anggap baik. Memang daerah itu selain keadaaan tanahnya disamping itu dekat dengan sungai yang cocok benar untuk berlandang, berkebun dan beternak. Para pengembara itu bernama Sindang Bersi, Mate Abang, Ngawak baju Alum dan Sak Ura tanah Pilih.

Akhirnya permufakatan keempat pengembara itu telah bulat untuk menentukan pilihan tempat. Di daerah dataran. Di daerah dataran tinggi mereka menentukan pilihannya untuk dijadikan dusun yang baru, tempat keluarga mereka. Mereka mengatur rencana untuk memulai pekerjaan membangun Dusun yang baru, dan mulai membuka hutan, menebas  dan memotong serta membersihkan pepohonan yang ada untuk dijadikan kebun, ladang dan serta yang lain-lainnya. Mereka membangun dengan sederhana untuk tempat tinggalnya sementara. Cukup berat kerja mereka membuka hutan, bukan tak mungkin bahaya selalu mengintai mereka. Apakah itu binatang buas, apakah itu merupakan jin-jin penunggu rimba yang selalu mengganggu pendatang baru. Namun mereka tabah dan ulet menghadapi segalanya. Berpuluh-puluh hektar tanah sudah dibuka itulah sebabnya sebelum mendirikan dangau mereka mengadakan kenduri, meminta kepada Yang Maha Kuasa supaya mereka bebas dari mala petaka dan mendapat rezeki murah. Dan untuk memberi nama daerah itu mereka musyawarah kembali, yang akhirnya daerah itu diberi nama "Dataran Matai" artinya Tempatnya mengarah ke matahari hidup. "Dimana daerah itu sekarang terletak di antara daerah Kedurang dan Seginim.

Mulailah di sana mereka bercocok tanam, berladang berkebun, beternak dan sebagainya. Semua tanaman tumbuh subur, padi melimpah ruah, sayur mayur tumbuh subur, ternak cepat beranak pinak. Mereka berempat hidup rukun damai dan sehidup semati. Mereka bangun dusun yang dicita-citakannya agar menjadi dusun yang baik, sebaik dusun yang mereka tinggalkan. Untuk membangun dusun yang baik bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak sekali hambatan dan tantangan yang mereka temui. Dusun mereka masih dikelilingi hutan yang lebat, dan binatang buaspun sering mengganggu ternak mereka. Pada suatu malam, ternak mereka dimakan oleh seekor ular yang besar sekali. Sungguh marah mereka dengan kejadian itu. Karena marahnya Sindang Bersi pergi mengejar ular itu untuk dibunuhnya. Sindang Bersi mengejar ular tadi dengan tongkatnya dan diikuti oleh anjing piaraannya.

Ular besar penunggu ternaknya tadi terus dikejar oleh Sindang Bersi bersama anjingnya. Masuk hutan keluar hutan, dari bukit yang satu ke bukit yang lain terus diikuti kemana larinya. Berhari-hari, berminggu-minggu lamanya Sindang Bersi mengikuti dan mencari kemana dan dimana ular tadi lari. Sedangkan ketiga sahabatnya masih tinggal di rumah dengan hati bimbang. Mereka bertiga menunggu, namun yang ditunggu tak juga tiba. Akhirnya setelah sekian lamanya Sindang Bersi tak juga muncul, bermusyawarahlah mereka bertiga untuk mencari temannya itu. Kemana dan dimana Sindang Bersi sekarang, masih hidup ataukah sudah mati.

Setelah diambil kata mufakat berangkatlah dua orang diantara mereka. Berangkat dan menyusul Sindang Bersi. Ngawak Baju Alum dan Sak Ura tanah Pilih yang pergi dan Mate Abang menunggu  rumah dan menjaga ternak yang ada. Dua orang pergi menyusul perjalanan Sindang Bersi, kemana  dan di mana ia, masih hidup atau sudah mati harus mereka ketahui.

Diikutinyalah jejak Sindang Bersi oleh mereka berdua, masuk hutan keluar hutan mendaki bukit menuruni "Lurah," berhari-hari, berminggu-minggu. Cukup payah sudah mereka berdua menempuh perjalanan itu, mencari ke sana ke mari namun belum juga ketemu. Hampir saja mereka putus asa.

Akhirnya sampailah perjalanan mereka tadi ke sebuah sungai yang airnya jernih dan sejuk. Sungai dipegunungan. Beristirahatlah mereka di tepi sungai tadi untuk melepaskan lelah. Ketika mereka beristirahat terdengarlah sayup-sayup gongongan anjing  Nan Jauh. Mereka terkejut, ragu, bimbang dan gemira. Mungkin itu anjing Sindang Bersi yang sedang dicarinya. Segera mereka cari dimana  letak bunyi anjing tadi. Mereka kejar untuk mendapatkan tempat itu. Setelah sampai di tempat yang dicari, memang benar orang yang dicarinya sedang duduk termenung di tepi sebuah gua. Betapa gembira hati mereka semua, karena sudah sekian lamanya berpisah di tengah rimba belantara yang tak tentu tepinya. Terjadilah dialog dari mereka bertiga. "Apa yang engkau tunggu di sini?" tanya mereka berdua.

"Kemana ular yang kau kejar?" Apakah sudah kau bunuh?

Ular yang kukejar di  "Surun  gua ini" kata Sindang Bersi sambil masuki Gua. Sampai sekarang gua tadi disebut "Gua Suruman."

Setelah Ular yang dikejar tadi masuk ke dalan Gua, Sindang Bersi menunggu di mulut Gua tadi. Ditunggu sekian lama hingga teman-temannya curiga dan mencarinya. Di mulut gua itu Sindang Bersi ditemukan oleh dua orang temannya yang telah lama mencarinya. Ular yang ditunggu tak juga kunjung keluar, telah ditelan Gua Suruman.

Karena ular tadi tak juga mau keluar dari gua tadi, maka mereka bertiga bermusyawarahlah untuk mengambil keputusan. Ngawak Baju Alum Sak Ura Tanah Pilih mengajak Sindang Bersi pulang meninggalkan tempat itu. Biarlah ular tadi tak terbunuh oleh kita. Mari kita teruskan pekerjaan kita, membangun dusun yang baru.

Namun Sindang Bersi berkeras hati, ia penasaran pada ular tadi, ia tekad masih akan membunuh ular tadi walau bagaimana. Diputuskan oleh Sindang Bersi bahwa akan menunggu lobang itu sampai ia dapat membunuh ular yang dikejarnya. Ia akan tetap tinggal di mulut Gua Suruman sampai akhir.

Sumber : Cerita Rakyat Daerah Bengkulu oleh Depdikbud
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Penghuni Gua Suruman Silahkan baca artikel Alkisah Rakyat Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Penghuni Gua Suruman Sebagai sumbernya

0 Response to "Penghuni Gua Suruman"

Post a Comment

Cerita Lainnya